Cara membuat naskah di Ms Word 2007

Sabtu, 07 Juni 2014

1. MEMULAI PEMBUATAN NASKAH


Langkah-langkah dalam membuat naskah adalah :
  1. Aktifkan lembar kerja Microsoft Word
  2. Setelah lembar kerja word tampil Ketiklah naskah yang diinginkan
  3. Maka naskah sederhana sudah jadi

Catatan : dalam mengetik naskah, kita tidak perlu mengatur tampilan, akan tetapi yang di pelukan adalah spasi, koma, titik, dan enter untuk pidah faragraf baru. karena untuk mengatur tampilan dapat dilakukan kemudian.

Gambar : Tampilan muka


2. MEMASUKKAN TEKS


Setelah mengenal dasar-dasar layar Word, teks dapat langsung dimasukkan. Ada beberapa hal yang perlu diketahui:
  1. Tab digunakan untuk mengidentasi pada baris pertama.
  2. Word secara otomatis akan memulai baris baru sewaktu teks mencapai tepi kanan halaman.
  3. Apabila terjadi kesalahan mengetik tekan Backspace untuk menghapusnya.
  4. Tekan enter untuk menambah baris kosong.
  5. Titik Sisip (kursor) Digunakan untuk memulai memasukkan teks.
  6. Penunjuk Mouse bergerak dilayar sewaktu mouse digerakkan. Penunjuk ini tampak dalam bentuk huruf I atau panah.

3. TATA CARA PENULISAN MICROSOFT WORD 2007

Ada beberapa pengenalan tombol keyboard dalam proses mengetik yaitu :
  1. Untuk pengetikan huruf besar di awal kata atau kalimat, tekanlah tombol Shift bersamaan dengan tombol huruf awal kata (jika Caps Lock tidak hidup)
  2. Untuk pengetikan naskah dalam huruf besar semua, tekan tombol Caps Lock.
  3. Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kiri tekan tombol Backspace.
  4. Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kanan tekan tombol Delete.
  5. Untuk menurunkan kursor ke baris berikutnya tekan tombol Enter.
  6. Untuk masuk ke paragraph baru tekan tombol Tab.
  7. Untuk memberikan spasi pada suatu kata atau kalimat tekan tombol Spacing.
  8. Untuk menuju ke awal kalimat teks tekan tombol Home.
  9. Untuk menuju ke akhir kalimat teks tekan tombol End.
  10. Untuk mengaktifkan tombol angka keyboard sebelah kanan tekan tombol Num Lock.
Gambar : Keyboard

4. MEMPERBAIKI TEKS

Ketika suatu dokumen dibuat, seringkali perlu memindahkan titik sisip untuk menambah atau menghapus teks di lokasi yang berbeda. Caranya sebagai berikut :

a. Menggunakan Mouse
Geser pointer mouse yang berbentuk I-beam ke posisi yang anda kehendaki pada area teks dan klik mouse. Lalu gunakan Backspace atau delete untuk menghapus text

b. Menggunakan Keyboard
Jika anda menggunakan tombol pada numeric keypad, pastikan bahwa NUM LOCK dalam keadaan off. Perhatikan tabel berikut ini.


5. PERINTAH-PERINTAH PADA KEYBOARD

Kenali tombol-tombol khusus keyboard
  1. Satu karakter ke kiri: ←
  2. Satu karakter ke kanan: →
  3. Satu baris ke atas: ↑
  4. Satu baris ke bawah: ↓
  5. Ke akhir baris: End
  6. Ke awal baris: Home
  7. Naik satu layar: Page Up
  8. Ke bawah satu layar: Page Down
  9. Akhir dokumen: Ctrl + End
  10. Awal dokumen: Ctrl + Home

6. KOMBINASI TOMBOL KEYBOARD

Kombinasi tombol yang sering digunkakan pada keyboard. Untuk mempersingkat tindakan Seperti Beberapa Contoh Diantaranya:
  1. CTRL+W: Menutup dokumen
  2. CTRL + S : Menyimpan dokumen
  3. CTRL + N : Membuat sebuah dokumen baru
  4. CTRL + O : Membuka dokumen lama
  5. CTRL + B : Membuat Cetak Tebal
  6. CTRL + I : Membuat hurif miring
  7. CTRL + U : Membuat huruf bergaris bawah
  8. CTRL + V : Menempelkan teks atau objek
  9. CTRL + Z : Membatalkan aksi sebelumnya
  10. CTRL + A : Untuk menyeleksi seluruh text

7. MENYIMPAN DOKUMEN

Untuk menyimpan dokumen klik office button kemudian pilih Save atau klik button save pada Toolbar atau bisa langsung menggunakan keyword dengan menekan Ctrl + S dan akan muncul sebuah dialog, Kemudian pilihlah lokasi file (directory) pada bagian Save in:, ketiklah nama file pada bagian File name, kemudian tekan tombol Save. Sebagai latihan berilah nama pada file yang sudah diketik dengan nama Lat1.doc

Gambar : Office Button
Gambar : Kotak dialog Save As

8. MENUTUP DOKUMEN

Bila sudah selesai mengerjakan suatu dokumen dan sudah selesai menyimpannya, mungkin perlu menutup dokumen dan setelah itu mengerjakan dokumen lain. Klik office button dan pilih Close.

Gambar : Office Button Exit Word

9. MEMBUKA DOKUMEN YANG SUDAH JADI

Untuk membuka dokumen klik office button dan pilih Open, Word akan menampilkan dialog box, kemudian Anda carilah directory dan Folder Yang menampung file yang akan dibuka pada bagian Look in lalu klik file yang akan dibuka kemudian tekan button Open maka file anda akan ditampilkan dilayar Word.

Gambar : Office Button Open
Gambar : Kotak dialog Open

¾ 2010 MODUL Ms OFFICE & BLOG - Design bySEO Blog - Google Search Style Media Blog